Rabu, 23 Juni 2010

MEMELUK KEBINGUNGAN (part 8)

Mengalami pengucilan dari masyarakat adalah suatu hal yang sangat tidak dikehendaki oleh semua orang di desa ini. Menurut mereka; lebih baik mengalami pengucilan dari para pemimpin desa daripada mengalami pengucilan dari masyarakat. ada beberapa alasan yang menyebabkan orang-orang sangat takut terhadap pengucilan dari masyarakat.

Pertama: semua anggota masyarakat berasal dari satu keturunan atau memiliki nenek moyang yang sama
kedua: karena berasal dari satu garis keturunan maka semua anggota masyarakat sudah tentu memiliki ikatan kekeluargaan
ketiga: masyarakat yang telah memiliki ikatan kekeluargaan tersebut saling berbagi anatara satu sama lain dikala salah seorang mengalami kesulitan. Mereka sangat mengutamakan kepentingan bersama sehingga kebersamaan sangat kental diantara mereka.
Keempat: seseorang yang mengalami pengucilan berarti keluar dari ikatan keluarga besar dan dicoret dari garis keturunan. Jika mengalami keadaan yang demikian berarti ia harus pergi dari desa tersebut. Ia yang telah dikucilkan tidak akan pernah diterima lagi dalam ikatan kekeluargaan meskipun ia melakukan atau menemukan sesuatu yang sangat berharga. Bagi masyarakat di desa ini , orang yang bersalah dan dikucilkan telah dikutuk oleh para leluhur. Seandainya mereka menerimanya kembali berarti mereka telah melawan para leluhur.
Kelima: orang yang dikucilkan tidak dapat pergi ke tempat lain sebab ia akan ditolak ditempat yang ditujunya. Alasannya adalah desa-desa lain juga memiliki ikatan kekeluargaan atau berasal dari satu garis keturunan.
Kesimpulannya; orang yang dikucilkan akan pergi kehutan dan siap untuk dijadikan mangsa dari berbagai binatang buas. Begitulah nasib dari orang-orang yang dikucilkan oleh masyarakat.

Aku sangat tidak menghendaki pengucilan dari masyarakat yang adalah keluargaku. Jika demikian aku harus berkata jujur terhadap sang ibu. Satu hal aku takutkan, seandainya aku jujur, apakah sang ibu akan memahami persoalanku? Aku takut jika sang ibu akan melihat persoalan ini sebagai suatu kesalahan yang fatal atau dilihat sebagai penipuan.

Lebih baik aku berkata jujur dan akan memberikan penjelasan secara terperinci tentang segala pemikiran dan persoalan yang aku alami pada bulan ini.


4 komentar:

catatan kecilku mengatakan...

Resiko yg ditanggung akibat pengucilan ternyata berat juga ya...?

the others... mengatakan...

Rupanya benar-2 bingung nih, hingga sampai kini masih saja memeluk kebingungan..
Menjatuhkan keputusan memang tak mudah, apalagi jika menyangkut nasib/hidup orang lain.

ronneycerita mengatakan...

catatan kecilku:memang sangat berat apalagi dilakukan oleh kelaurga sendiri
the others: judul kebingungan berusaha untuk menceritakn ttg saat2 atau masa dimana kita mengalami kebingungan dan bagaimana langkah yang harus diambil

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

saya belum begitu paham... tapi anda sepertinya sekarang sudha mulai berkawan dengan yang namanya bingung ya..?