Rabu, 07 Juli 2010

GADIS YANG BERKALUNG KERANG(A)

Semenjak berkenalan dengan gadis yang bermukim di sekitar lembah Rosienly ini, aku selalu mendapatkan penglihatan mengenai lautan beserta dengan segala yang berada di dasar lautan. Penglihatan ini menimbulkan berbagai pemikiran mengenai gadis tersebut. Dari pemikiran yang dapat dicerna oleh akal sehat sampai kepada pemikiran yang selalu menghuni alam khayal.

Tentu aku harus menyelidiki fenomena yang sedang meletakan perlengkapan hidupnya di sekitar tempat tinggalku. Mengadakan penyelidikan di lembah Rosienly berarti harus menyiapkan perlengkapan dengan sebaik-baiknya. Dari perlengkapan fisik sampai kepada perlengkapan non-fisik. Karena lembah Rosienly sangat peka dan sensitif dengan kehadiran manusia. Terkadang aku mendengar cerita bahwa lembah Rosienly adalah penjelmaan dari seorang bidadari yang tidak kembali ke khayangan. Bidadari ini telah bersumpah untuk mengubah dirinya menjadi lembah sebab para saudaranya meninggalkan dirinya ketika mereka berjalan di sekitar perkebunan mawar. Di perkebunan mawar yang dikerjakan oleh para dayang ini ternyata ada satu pohon mawar yang diambil dari pekarangan seorang manusia. Ketika melewati mawar itu, ia mendengar tangisan dari sang mawar. Sang bidadari bertanya kepadanya, "mengapa kamu menangis?"

"Aku harus kembali ke tempat asalku, disini aku tidak mampu mengembangkan hidup dengan benar. sirkulasi dan proses pertumbuhan di daerah ini sangat berbeda dengan tempat asalku. jika kalian tetap bersikeras untuk menempatkan aku disini berarti kalian adalah mahluk yang tidak memiliki nurani."

Perkataan dari sang mawar menimbulkan sedu di hati bidadari ini sehingga ia memutuskan untuk mengembalikan sang mawar ke tempat asalnya dan akan memberikan dirinya untuk merawat mawar tersebut. Ia pergi tanpa mengucapkan selamat tinggal kepada kedua orang tua dan para saudaranya.
Ketika merawat sang mawar, ia dengan kerelaan mengubah dirinya menjadi lembah agar sang mawar dapat tumbuh dengan baik dan jauh dari jangkauan para dayang.

Kepekaan dan senstifisme dari lembah menyebabkan para penduduk salalu bersikap sopan dan menaati setiap tata krama yang telah digariskan oleh para leluhur. Dan aku merasa aneh;bagaimana mungkin aku memecahkan persoalan mengenai pelihatan tentang lautan dengan masuk ke dalam lembah Rosienly? Bukankah aku harus menyelidiki sang gadis yang menjadi pokok dan faktor utama dari kemunculan penglihatan ini? Berdasarkan pertanyaan tersebut, aku menghampiri sang gadis(tentu dengan persiapan yang lengkap) untuk menyelidiki dirinya. Aku berusaha agar ia tidak mencurigai motif dari pendekatanku terhadap dirinya.
Mula-mula aku menyapa dan memberikan senyuman setiap kali berjumpa dengannya. Semakin sering bertemu maka aku memberanikan diri untuk berkenalan dengan dirinya dan mulai mengadakan komunikasi yang teratur. Usahaku ternyata mendapat tanggapan yang positif dari dirinya sehingga kami dapat berteman.

Pertemanan yang akrab menyebabkan aku memberanikan diri untuk menungkapkan tujuanku berkenalan dengannya. Pengakuanku ditanggapinya dengan sikap yang profesional dan pernyataannya pun diungkapkapkan dengan ketulusan.
" Aku tidak kecewa mengenai tujuan dirimu berkenalan dengan diriku, malahan aku bangga bahwa engkau mampu mengungkapkan tujuanmu yang sebenarnya. Kejujuranmulah yang membuat aku terpesona dan aku akan memberikan penjelasan terhadap fenomena yang mengitari dirimu. Lembah Rosienly yang merupakan penjelmaan dari seorang bidadari ini selalu memilih seorang gadis untuk dijadikan penjaga lembah ini. Biasanya gadis yang dipilihnya akan terlihat berbeda di antara gadis-gadis lainnya. Pemilihan itupun terjadi sejak sang gadis berumur lima belas tahun, dimana para sesepuh desa akan mengadakan upacara untuk mengetahui siapa gadis yang dipilih oleh sang bidadari. Tetapi diriku telah dipilih sejak berada dalam kandungan dan ketika dilahirkan aku membawa serta sebuah kalung yang terbuat dari kulit kerang. Para tetua sangat yakin bahwa kalung kerang ini merupakan pusaka yang diwariskan oleh sang bidadari dan menjadi bukti bahwa ia memilihku untuk menjaga lembah ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ceritanya lumayan gan.
gabung disini gan untuk menaikan traffick link blog kita
http://free.cool-traffic.com/members/42997.html